Content

Apa Itu Lead Magnet dan Langkah Pembuatannya

Apa Itu Lead Magnet? – Marketing merupakan salah satu bentuk dan cara yang bisa ditempuh untuk melakukan proses pemasaran dari sebuah produk. Secara harfiah marketing sendiri juga diartikan sebagai proses pemasaran. Hal ini memegang peranan yang sangat penting dalam penjualan produk dari sebuah perusahaan atau bisnis.

Karena hal ini sangat penting maka di sebuah perusahaan seringkali dibentuk sebuah divisi khusus untuk marketing. Diperlukan analisis dan pembelajaran yang cukup mendalam agar hal tersebut bisa dilakukan dengan sangat baik dan mencapai target. Salah satu hal yang sangat berkaitan dengan marketing ialah target yang harus dicapai.

Salah satu istilah dan indikator penting dalam marketing yaitu Lead magnet. Istilah ini merupakan bagian yang cukup penting dan menjadi indikator yang melekat pada pengelolaan marketing agar bisa mencapai target. Untuk bisa mendapatkan minat dan ketertarikan dari calon konsumen maka Anda harus menerapkan hal tersebut.

Anda akan membutuhkan kontak dari konsumen tersebut untuk keperluan marketing agar bisa melakukan pendekatan secara langsung. Kontak tersebut akan berguna untuk memberikan berbagai informasi penting yang berhubungan dengan produk yang akan Anda jual salah satu contohnya ialah newsletter.

Nah, dengan menggunakan lead magnet ini Anda bisa mendapatkan kontak konsumen tersebut agar bisa digunakan dalam proses marketing. Nantinya dengan menggunakan proses tersebut audiens akan diarahkan terhadap konten yang Anda miliki sehingga pada akhirnya meninggalkan alamat email mereka dengan iming-iming atau imbalan tertentu.

Pengertian: Apa Itu Lead Magnet ?

Apa Itu Lead Magnet dan Bagaimana Langkah Pembuatannya
Apa Itu Lead Magnet dan Bagaimana Langkah Pembuatannya

Secara umum layanan tersebut dapat diartikan sebagai sebuah istilah untuk bentuk pelayanan secara gratis dengan tujuan untuk mengumpulkan email konsumen. Berdasarkan penjelasan sebelumnya kontak dari konsumen yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan proses ini bisa berupa email.

Layanan tersebut dibuat dengan tujuan agar bisa mendapatkan prospek penjualan yang baik. Sebagaimana dalam istilah marketing terdapat target yang harus dibuat maka prospek atau peluang dari penjualan ini juga harus jelas. Orang-orang yang menjadi bagian marketing akan menggunakan hal ini untuk memberikan penawaran terhadap calon konsumen.

Akan tetapi penawaran tersebut tidak terkait dengan prospek penjualan utama. Terkadang terdapat sifat eksplisit yang dibuat untuk jenis pertukaran seperti ini. Hal ini cukup berdampak negatif karena seolah-olah lead magnet merupakan bagian dari penipuan untuk konsumen. Padahal jika konsep dan prinsip yang dilakukan dengan benar hal ini bisa dihindari.

Jika Anda sedang mengelola sebuah bisnis dengan produk-produk tertentu maka pastikan untuk memberikan penekanan terhadap penggunaan istilah ini. Sebab secara tidak langsung hal ini bisa mendekatkan penjual dengan calon pembelinya terutama jika sistem yang digunakan ialah secara online.

Setiap proses dalam istilah ini perlu dilakukan dengan sangat baik sehingga tujuan utama untuk memperoleh prospek yang baik bisa tercapai. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati jangan sampai upaya ini justru mengarahkan Anda seolah-olah sebagai penipu. Dengan menganalisis terlebih dahulu maka Anda bisa mendapatkan strategi khusus untuk melakukan proses ini.

Langkah Pembuatan Lead Magnet

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa lead magnet memiliki peluang untuk mengarahkan bisnis yang Anda jalankan merupakan penipuan maka banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya. Salah satunya ialah mengenai langkah-langkah pembuatan yang harus Anda lakukan dengan sangat teliti.

Memilih Persona Buyer

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih persona dari konsumen yang Anda tuju. Sebagian besar perusahaan akan memiliki banyak buyer persona atau layanan target yang cukup banyak. Namun sebaiknya setiap layanan yang akan Anda tawarkan hanya menargetkan salah satu diantara layanan tersebut.

Layanan tersebut akan ditawarkan dengan cara yang sangat spesifik dan jelas agar bisa mencapai target konsumen yang diinginkan. Itulah mengapa Anda perlu memilih persona sesuai dengan konsumen yang akan Anda tuju sehingga proses penjelasan dan penawarannya bisa lebih fokus.

Sebab jika tidak relevan dengan keinginan dan kebutuhan buyer persona tersebut maka calon konsumen tadi tidak akan tertarik dengan penawaran Anda. Upaya Anda menerapkan lead magnet ini juga akan sia-sia saja. Bahkan sebelum langkah inti diterapkan calon konsumen ini sudah menolak mentah-mentah penawaran tersebut.

Jika buyer persona yang ditawarkan terlalu banyak dan tidak fokus pada salah satunya saja calon konsumen akan kebingungan bahkan pada akhirnya tidak menjatuhkan pilihan sama sekali. Terlebih jika cara penawarannya keliru maka hal ini akan memperparah penawaran yang Anda berikan dan justru memberikan penilaian yang kurang baik.

Identifikasi Value Proposition

Kedua lakukan identifikasi value proposition yang Anda miliki. Jika Anda sudah memiliki target untuk penerapan indikator yang satu ini maka Anda harus memberikan alasan yang sangat kuat untuk mengambil layanan tersebut. Proposition yang dimaksud ialah mengenai penjelasan dan alasan yang bisa menguatkan penawaran tersebut.

Pastikan Anda memilih kata dan kalimat yang tepat untuk dijadikan alasan bagi pelanggan mengapa harus memilih layanan atau produk yang Anda tawarkan dibandingkan penawaran dari produk lain. Hal ini sering disebut dengan istilah value proposition atau nilai manfaat. Hal ini menjadi bagian yang sangat penting dalam istilah lead magnet.

Jika sebuah penawaran mengandung nilai manfaat yang sangat masuk akal dan relevan maka peluang adanya minat yang cukup besar dari calon konsumen akan terbuka cukup lebar. Apalagi jika setiap kata atau kalimat yang digunakan sangat mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat pada saat ini.

Value proposition atau nilai manfaat tadi termasuk salah satu hal yang akan dibutuhkan oleh buyer persona. Dibandingkan mencoba memberikan sesuatu yang mereka inginkan sesuai pendapat Anda, lebih baik mencari tahu terlebih dahulu dan berikan apa yang benar-benar mereka butuhkan sesuai fakta di lapangan sebagai solusi cepat untuk masalah konsumen.

Pemberian Nama

Berikutnya berikan nama untuk lead magnet yang Anda lakukan. Jika Anda sudah mengetahui layanan apa yang akan ditawarkan serta siapa yang akan mendapat penawaran tersebut maka berikanlah nama untuk hal tersebut. Nama tersebut pada dasarnya merupakan sebuah judul untuk value proposition yang lebih menarik bagi buyer persona.

Memberikan nama untuk layanan ini hampir sama dengan membuat judul untuk email marketing atau sebuah artikel. Nama yang Anda pilih harus mampu membuat perbedaan drastis dalam tingkat konversinya di kelompok marketing. Hal ini akan menambah daya tarik bagi calon konsumen untuk bisa memberikan kontak dan melanjutkan transaksi pembelian.

Pastikan judul atau nama yang dipilih relevan dengan isi penawaran serta sesuai dengan value proposition yang terkandung di dalamnya. Saat ini banyak konsumen yang lebih cerdas sehingga banyak hal-hal kecil yang cukup detail akan mereka periksa bahkan dibandingkan dengan penawaran lain.

Pilih Tipe

Berikutnya pilihlah tipe dari lead magnet yang akan Anda tawarkan dengan tujuan untuk menarik banyak konsumen. Anda bisa memilih tipe atau jenis mana yang sangat efektif memberikan proposisi nilai di mata konsumen. Untuk hal ini perlu analisis dan pendalaman yang cukup baik agar tidak keliru memilih tipe tersebut.

Sebisa mungkin buatlah layanan yang sederhana dan fokus pada bentuk layanan yang memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan setiap konsumen. Tipe yang harus Anda pilih harus sesuai dengan kriteria seperti ini agar peluangnya bisa lebih besar. Minimal tingkat konsumen tersebut tidak begitu menyukainya setidaknya ia membutuhkan produk yang ditawarkan tersebut.

Dalam hal ini Anda harus pandai-pandai membaca situasi saat ini dan mengetahui kebutuhan pasar. Anda tidak bisa melakukan hal tersebut begitu saja tanpa ada pertimbangan terlebih dahulu. Jika keliru memilih tipe dari lead magnet tersebut maka bisa jadi justru menimbulkan prasangka buruk yang menuju kearah penipuan seperti tadi.

Jika orientasinya adalah tingkat kebutuhan di tengah calon konsumen maka kemungkinan konsumen akan membeli bahkan menjadi seorang pelanggan setia akan sangat besar. Lain halnya jika sekedar ingin dan mengandalkan pendapat Anda tanpa melakukan survei secara langsung maka bisa jadi di mereka hanya menjadi pembeli dalam beberapa kesempatan saja.

Tipe-tipe Layanan

Selain perlunya mengenali setiap langkah-langkah untuk pembuatannya Anda juga harus mengenali berbagai tipe yang tersedia untuk layanan lead magnet ini. Tipe-tipe tersebut akan menjadi pilihan dari penawaran yang Anda tawarkan bagi para konsumen. Selain itu, tipe tersebut juga bisa menentukan kriteria dan kebutuhan di tengah calon konsumen. 

Guide/report

Tipe yang pertama ini termasuk tipe yang paling umum dan paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan tipe ini sangat sering menghasilkan konversi paling baik diantara beberapa tipe lainnya. Tipe seperti ini sering digunakan untuk memberikan perlindungan yang cukup lengkap mengenai produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Tipe ini juga akan memudahkan setiap konsumen untuk memahami gambaran besar mengenai produk yang Anda tawarkan. Untuk menggunakan tipe guide atau report maka pastikan Anda membuat sebuah gambaran yang sangat mewakilkan dari produk yang ditawarkan namun penyampaiannya tidak terlalu rumit.

Cheat sheet/handout

Tipe berikutnya ini berfungsi sebagai lead magnet yang cukup baik dikarenakan dapat memberikan informasi yang sangat terarah dan juga ringkas. Beberapa calon konsumen seringkali membutuhkan informasi yang bersifat taktis dan tidak terlalu bertele-tele dalam penyampaiannya.

Jika Anda menggunakan teknik seperti ini maka audiens atau calon konsumen dapat menghemat banyak waktu untuk membaca setiap informasi. Seringkali calon konsumen tersebut malas untuk membaca informasi yang terlalu panjang. Hal ini bisa menjadi strategi yang cukup baik untuk menarik konsumen melalui informasi yang singkat namun jelas.

Apalagi jika Anda menggunakan kosakata yang sangat menarik dan mengikuti perkembangan zaman sehingga banyak orang yang akan mudah tertarik. Namun perlu diingat jangan sampai Anda hanya menjual kata-kata saja. Nantinya upaya lead magnet yang Anda dilakukan justru akan mengarahkan para calon konsumen terhadap anggapan bahwa penawaran ini sebuah penipuan.

Cheat sheet biasanya terdiri dari satu atau dua halaman saja yang sebagian besar isinya akan disajikan dalam bentuk checklist, mind map ataupun blueprint. Ketiga bentuk ini akan membantu Anda menyajikan informasi yang lebih singkat namun memberikan penjelasan yang sangat mewakilkan.

Toolkit/resource list

Toolkit dapat menjadi sebuah lead magnet yang sangat bagus dan baik untuk buyer persona. Tipe ini menjadi pilihan yang cukup tepat bagi buyer persona untuk mendapatkan target yang baik. Toolkit Ini bisa memberikan konsumen berupa materi sebagai bahan referensi yang dapat mereka gunakan secara berulang kali.

Penggunaannya pun tidak mengharuskan proses pelacakan terhadap semua alat atau sumber daya yang digunakan. Dengan memilih tipe ini maka konsumen bisa mendapatkan referensi yang lebih simple dan tidak terlalu rumit. Tugas Anda buatlah materi yang sangat sesuai dengan referensi yang sangat terpercaya.

Video training/webinar

Video training/webinar
Video training/webinar

Webinar akhir-akhir ini menjadi salah satu istilah yang yang cukup banyak digunakan untuk menyampaikan berbagai jenis informasi. Ternyata untuk tipe dari jenis marketing yang satu ini juga berlaku istilah webinar atau video training yang bisa ditawarkan kepada calon konsumen. Saat ini hal tersebut sudah cukup lumrah dan tidak asing lagi di tengah masyarakat.

Terlebih video merupakan sebuah format yang bisa menampung informasi dengan sangat menarik. Jika Anda menawarkan kepada target buyer persona yang tepat maka tipe seperti ini akan menghasilkan konversi yang sangat efektif. Peluang untuk mendapatkan konsumen pun bisa lebih besar.

Kunci dari tipe lead magnet seperti ini ialah memberikan informasi berharga yang sangat bermanfaat dan dapat digunakan oleh konsumen. Informasi tersebut bukan hanya sekedar untuk mengajak konsumen membeli produk tersebut namun bisa memberikan edukasi tertentu bagi para konsumen.

Idealnya informasi tersebut harus bisa memberikan kesan tersendiri yang terus-menerus melekat pada setiap konsumen. Setiap konsumen tentunya membutuhkan informasi yang valid dan terpercaya untuk setiap produk yang akan mereka beli. Apalagi jika produk tersebut merupakan bagian dari kebutuhan pokok yang akan dibeli secara terus-menerus.

Free Trial

Istilah ini sering diberikan untuk konsumen pada saat peluncuran sebuah produk baru. Layanan tersebut akan memberikan akses kepada konsumen untuk mencoba produk yang baru saja diluncurkan tersebut dalam waktu yang terbatas. Tipe seperti ini dipercaya mampu menarik banyak konsumen untuk bisa membeli produk yang Anda tawarkan secara berulang.

Bahkan targetnya pun tidak hanya konsumen yang sudah menjadi pelanggan namun konsumen baru pun bisa tertarik. Hal ini tentu memberikan peluang yang sangat besar bagi Anda untuk terus menerus mendapatkan pelanggan tetap. Dalam hal ini Anda harus mampu untuk terus konsisten dalam memberikan penawaran yang baik bagi calon konsumen.

Jika mereka sudah menjadi pelanggan tetap maka pastikan perlakukan mereka dengan sangat baik agar mereka tetap nyaman dan menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika hal ini berhasil Anda lakukan tentu saja keuntungan akan menghampiri anda dan strategi lead magnet ini berhasil Anda terapkan.

Ebook

Ebook
Ebook

Tipe berikutnya ini termasuk jenis yang cukup sering digunakan dikarenakan tidak terlalu sulit dalam proses pembuatannya. Selain itu tipe seperti ini juga bisa menampung jumlah konten yang cukup banyak. Dibutuhkan topik yang sangat bermanfaat dalam pembahasan yang dimuat pada ebook tersebut.

Selain itu, pengemasannya harus menggunakan desain yang sangat indah dan berbeda dari desain yang sudah ada. Untuk hal ini dibutuhkan kreativitas tinggi dan pemahaman terhadap teknologi serta semua peralatan yang dibutuhkan untuk pembuatan desain ebook yang Anda butuhkan. 

Pembuatannya bisa memakan waktu mulai dari 2 hingga 8 jam tergantung dari ketebalan isinya. hal ini tentunya membutuhkan pertimbangan yang sangat baik dan konsep yang sangat matang. Namun jika memungkinkan buatlah ebook yang lebih singkat dan tidak terlalu banyak agar lebih menarik untuk dibaca oleh para calon konsumen.

Artikel yang Dijadikan PDF

Sama seperti namanya lead magnet jenis ini berbentuk artikel yang dikemas dalam bentuk PDF sehingga lebih mudah diakses. Artikel seperti ini merupakan bentuk sederhana dari sebuah ebook sehingga terlihat lebih simple dan mudah untuk dibaca. Anda tentunya sudah pernah membaca karya seperti ini terutama dari halaman pencarian.

Bentuk artikel seperti ini sangat perlu dijadikan PDF agar bisa dengan mudah disimpan dan dibuka berulang-ulang tanpa ada format yang terpotong sedikitpun. Calon konsumen bisa membuka kembali dalam beberapa kesempatan sesuai dengan kebutuhannya. Informasi bisa disampaikan dengan cukup detail dengan dilengkapi beberapa pendukung lainnya.

Kesimpulan

Intinya lead magnet merupakan salah satu bagian yang cukup penting untuk strategi marketing dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Apapun jenis produk dan layanannya hal tersebut sangat dibutuhkan guna memberikan informasi dan memberikan penawaran terbaik bagi calon konsumen.

Untuk hal ini diperlukan cara-cara tertentu agar tujuan utama bisa tercapai yaitu bisa menarik konsumen dan terlebih dahulu mendapatkan kontak email. Melalui email tersebut Anda bisa dengan mudah mengirimkan berbagai informasi bahkan penawaran secara langsung. Dengan mengakses email tersebut Anda bisa selangkah lebih dekat dengan calon konsumen.

Lead magnet ini bisa menjadi salah satu strategi yang baik untuk mendapatkan konsumen yang bisa melakukan pembelian secara berulang. Namun hal ini seringkali terindikasi mendekatkan pada upaya penipuan oleh oknum tertentu. Hal ini hanya bisa terjadi jika saat menerapkan istilah tersebut Anda tidak benar-benar mempelajari dasar-dasar dari hal ini.

Agar bisa menghindarkan dari anggapan calon konsumen bahwa penawaran yang dilakukan merupakan unsur penipuan sebaiknya pelajari setiap hal yang berkaitan dengan istilah ini terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu dipelajari salah satunya ialah mengenai langkah-langkah dan tipe atau jenis dari istilah tersebut.

Dengan begitu penerapannya bisa lebih tepat dan efektif sehingga tidak menimbulkan anggapan yang negatif. Selain itu proses penawaran di dalamnya juga akan digunakan agar menarik perhatian calon konsumen. Isinya bisa berupa konten atau materi khusus yang sering disajikan dalam bentuk karya khusus.

Setiap tipe atau jenis dari istilah ini juga merupakan sebuah bentuk karya atau format yang bisa digunakan untuk menyajikan materi tersebut. Syaratnya setiap tipe lead magnet tersebut harus mengandung informasi yang menarik dan tidak membosankan untuk dibaca. Selain itu, setiap tipe ini juga perlu disajikan dengan desain yang menarik dan berbeda dari kebiasaan umum.

Dengan begitu peluang untuk mendapatkan konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan bahkan menjadi pelanggan tetap akan lebih besar. Hal ini bisa membantu meningkatkan penjualan dari produk yang Anda miliki sehingga pendapatan Anda pun bisa terus bertambah seiring dengan bertambahnya konsumen baru.

Manfaatkan kecanggihan teknologi serta kebutuhan konsumen saat ini sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan perkembangan saat ini. Anda harus mau mengikuti perkembangan zaman sebab banyak sekali konsumen yang butuh produk yang up to date bukan hanya sekedar keinginan tapi juga sering kali menjadi bagian dari kebutuhan.

Strategi yang tepat harus Anda terapkan dengan sangat baik tanpa melakukan pemaksaan terhadap calon konsumen. Prinsip dasar dari lead magnet ini bisa Anda terapkan untuk mencapai tujuan yang dimaksud. Dengan begitu apa yang Anda harapkan bisa tercapai dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi calon konsumen.

Write A Comment