Tren belanja di marketplace dan media sosial semakin harinya semakin meningkat, terlebih saat ini persaingan bisnis digital semakin ketat. Terlepas dampak dari pandemi Covid-19, belanja online memang menawarkan daya tarik tersendiri yang menarik perhatian banyak orang.
Tak hanya berjualan melalui marketplace, saat ini penjualan juga bisa dilakukan melalui media sosial, salah satunya TikTok. Jika pada sosial media lain promosi dilakukan melalui konten foto dan video, di TikTok promosi dan penjualan bisa dilakukan melalui konten live streaming sales.
Melakukan pemasaran dengan menggelar siaran langsung di TikTok juga telah diterapkan oleh banyak brand-brand lokal di Indonesia seperti Jiniso, Jims Homey, Serba99, dan masih banyak lagi. Sangat tidak disangka bahwa hasil yang didapatkan dari mengadakan event melalui TikTok live streaming oleh beberapa brand lokal tersebut menghasilkan GMV (Gross Merchandise Value) yang sangat tinggi. Meskipun terkesan mudah, melakukan siaran langsung atau live streaming untuk memasarkan produk di TikTok memerlukan strategi khusus loh. Sebelum membahas strategi-strategi menaikkan penjualan melalui live streaming, alangkah baiknya untuk Anda mengetahui lebih dulu tentang fitur-fitur apa aja yang ada di TikTok Live Streaming.
Tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, kamu juga bisa membangun komunitas online dengan fitur live streaming di TikTok.
Aplikasi yang satu ini memungkinkan creators dan pemirsa untuk terhubung dan terlibat lebih dekat.
Kamu sebagai pengusaha pun bisa memanfaatkannya untuk menciptakan kedekatan antara brand dengan pelanggan.
Tidak hanya bisa menayangkan siaran video secara real-time, siaran langsung di TikTok juga dilengkapi dengan berbagai fitur, di antaranya:
- Q&A
Q&A merupakan fitur tanya jawab yang memungkinkan audiens untuk mengirimkan berbagai pertanyaan secara langsung kepada kamu selama live streaming.
- Live Events
Live events merupakan fitur yang memungkinkan kamu membuat jadwal siaran langsung sehingga audiens dapat mengetahui kapan waktu yang telah kamu tentukan untuk melakukan live streaming.
- Gifts
Gifts merupakan fitur yang bisa audiens manfaatkan untuk mengirimkan hadiah bernilai uang kepada pengguna TikTok yang melakukan siaran langsung. Namun, fitur ini hanya berlaku untuk akun non bisnis dan akun pribadi dengan batasan usia tertentu yang telah ditetapkan dalam kebijakan TikTok.
- Moderators
Moderators memungkinkan kamu untuk memilih akun pengguna TikTok yang tepercaya sebagai pemandu siaran langsung.
- Keyword Filters
Keyword filters berguna untuk menyaring kata-kata tertentu yang dianggap mengganggu proses live streaming. Jadi, host siaran langsung bisa tetap fokus selama memandu acara.
Selanjutnya, ada 6 hal penting yang perlu diketahui terkait Live Streaming TikTok, yaitu :
- Memberikan judul yang menarik di Live Anda
- Menambahkan daftar produk ke Live Anda
- Berikan promosi spesial saat melakukan Live di TikTok
- Agar lebih efektif, lakukan promosi melalui fitur promosikan Live
- Lakukan struktur pada transkrip Live Streaming Anda
Selain mengetahui hal-hal penting yang ada di TikTok Live Streaming, adapun strategi-strategi dari Merchant untuk Anda jika ingin menaikkan penjualan melalui TikTok Live Streaming
- Lakukan Live Streaming Secara Kontinyu
Umumnya, Live Streaming ini dilakukan minimal 3 kali dalam satu minggu dengan durasi minimal 2 jam setiap sesinya. Karena, dengan melakukan Live secara kontinyu, bisnis Anda akan melihat peningkatan dalam penjualan dan audiens. Jangan lupa untuk tetap memberikan penawaran promosi pada produk Anda yang akan dipamerkan secara Live.
- Maksimalkan Persiapan Live
Anda juga dapat mempersiapkan operasional Live dengan cukup matang agar dapat Live secara maksimal. Tetapkan harga terendah selama Live, dan juga perlu untuk meningkatkan pengetahuan soal produk selama Live. Rundown sebelum Live juga perlu kamu persiapkan agar Live berjalan dengan baik, ya! Apa saja sih yang perlu disiapkan sebelum Live?
- Personel Assignment yaitu melakukan konfirmasi host, admin, dan penjual harus berkomunikasi dengan baik pada host mengenai produk yang akan dijual melalui Live
- SKU yaitu menampilkan SKU Flash Sale untuk mendorong lebih banyak audience
- Studio setting yaitu latar yang akan kamu gunakan untuk Live. Bisa dengan setting fisik dimana ini merupakan settingan nyata untuk live. Atau juga bisa dengan virtual setting. Virtual setting sangat di rekomendasikan untuk bisnis skala menengah.
- Traffic boosting yaitu mempromosikan Live Stream melalui short video teaser
- Membangun Interaksi dengan Audiens
Strategi untuk meningkatkan omset penjualan dengan TikTok Live Streaming yang ketiga yaitu dengan membangun interaksi yang seru dengan mengadakan giveaway, promo, atau flash sale selama siaran langsung. Hal ini bertujuan menarik lebih banyak audiens agar bergabung dengan siaran langsung Anda di TikTok.
- Berkolaborasi dengan TikTok Influencer
Strategi untuk meningkatkan omzet penjualan dengan TikTok Live Streaming yang ke-empat yaitu dengan berkolaborasi dengan konten kreator terkenal atau yang memiliki engagement tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaring minat dari audiens baru serta membantu brand dalam meningkatkan interaksi dan engagement saat sedang melangsungkan live streaming. Oleh karena itu pastikan Anda memilih konten kreator yang memiliki engagement tinggi dan audiens yang relevan dengan brand. Strategi ini juga telah dibuktikan oleh brand jeans lokal yaitu Jiniso. Melalui program TikTok Shopping Hoki Sale yang digelar Januari 2022 lalu itu, Jiniso telah menggandeng influencer atau konten kreator Fuji An. Yang mana saat ini Fuji An menjadi konten kreator yang memiliki engagement sangat tinggi di TikTok. Dengan kolaborasi yang dilakukan bersama Fuji An, Jiniso mampu menjaring audiens dalam jumlah yang banyak bahkan telah sukses membukukan penjualan hingga 600 juta. Berdasarkan penuturan Co-Founder Jiniso yaitu Dian Fiona, sejumlah produk Jiniso telah sold out dalam waktu kurang dari satu jam saat live streaming berlangsung.
- Melakukan Review Produk dan Bedah Value Produk Anda
Strategi untuk meningkatkan omzet penjualan dengan TikTok Live Streaming yang kelima yaitu dengan melakukan review dan menunjukkan kelebihan atau kegunaan produk selama live streaming berlangsung. Hal ini dinilai bahwa review produk menjadi salah satu konten yang cukup diminati oleh banyak audiens di TikTok. Dengan konten review, Anda dapat menunjukkan secara langsung bagaimana detail dari produk tersebut, bahkan Anda bisa menunjukkan bagaimana penggunaan dan kelebihan dari produk tersebut. Ketika Anda menyajikan konten review yang interaktif, dapat membuat audiens yakin untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Menurut laporan digital 2021 oleh We Are Social menjelaskan bahwa 98,5% pengguna internet cenderung menonton video. Kecenderungan pengguna internet ini pun bisa kamu maksimalkan dengan mulai melakukan promosi dan berjualan di live streaming. Adapun tips-tips melakukan live streaming TikTok oleh pakarnya yaitu @natasha_surya, yuk kita simak!
- Upload Video Teaser H-1 Sebelum Live
Menurut Kak Natasha Surya, hal ini dapat membuat audiens Anda penasaran dan menantikan jadwal live streaming yang akan Anda lakukan. Tak jarang dari mereka yang akan mencatat hari dan jam dimana Anda akan melakukan live streaming sebuah produk.
- Fokus Kualitas Isi Konten
Tak lain tak bukan adalah review produk. Menurut pengalaman Kak Natasha Surya, produk-produk yang di review akan masuk pada top 3 penjualan. Misalnya saat Kak Natasha melakukan review sebuah hairdryer, penjualan hairdryer langsung terjual 3.000 buah. Selama video review produk berlangsung, hal itu akan menjadi saat yang tepat untuk audiens memutuskan pembelian produk Anda.
- Perhatikan Isi Video
Hal-hal yang harus di perhatikan dalam membuat video Live Streaming adalah kelebihan dan kekurangan produk yang Anda jual, keunikan dari produk yang Anda jual, harga asli dan harga diskon yang harus disertakan, serta jujur tanpa melebihkan akan menjadi nilai tambahan dalam video Live Streaming Anda. Tak lupa, berikan kisi-kisi pada audiens mengenai acara Live Streaming Anda dan usahakan tidak mengeluarkan semua review produk agar audiens tetap penasaran. Dengan berhasil membuat tawaran yang menarik bagi pelanggan ditambah manfaat penggunaan metode penjualan yang satu ini, kamu bisa mendapatkan penjualan yang bertambah.
Apalagi, jika kamu konsisten dan menghadirkan sesuatu yang berbeda pada setiap sesi live streaming. Menurut Kak Natasha Surya, berjualan melalui TikTok Shop akan memberikan banyak potensi untuk bisnis Anda yaitu berpotensi untuk di subsidi oleh TikTok. Dan mengutip dari TikTok @urrofi bahwa investasi ilmu sampai alat di dunia lighting adalah aspek yang sangat penting untuk membuat kualitas video TikTok Live Streaming Anda jauh lebih bagus. Maka dari itu, maksimalkanlah kreativitas kamu dalam berjualan melalui TikTok Live Streaming!