Engagement

Bagaimana QR Codes Bisa Mengembangkan Bisnis Anda?

Apa itu QR Codes dan bagaimana itu bisa membantu bisnis Anda?

Quick Response codes (QR Codes) bisa digunakan secara luas. Para konsumen ingin akses cepat ke sesuatu yang relevan dan QR Codes dipergunakan untuk mewujudkan hal tersebut.

QR Codes

Jika Anda belum familiar dengan QR Codes, QR Codes mirip dengan barcode yang digunakan oleh para retailer untuk mengetahui persediaan dan harga produk. Perbedaan utama antara keduanya adalah jumlah data yang mereka dapat disimpan atau dibagi. Barcode adalah kode satu dimensi yang hanya dapat menyimpan 20 digit angka. Sedangkan QR Codes adalah kode matriks dua dimensi yang dapat menyimpan informasi ribuan karakter alfanumerik. Kemampuannya untuk menyimpan lebih banyak informasi dan mudah untuk digunakan membuat QR Codes lebih praktis untuk bisnis dengan skala kecil.

Ketika Anda memindai (scan) atau membaca QR Codes dengan iPhone, Android atau yang lainnya, Anda dapat terhubung ke konten digital di web, mengaktifkan sejumlah fungsi telepon termasuk email, IM, SMS dan menghubungkan perangkat mobile untuk web browser.

Semua fungsi yang diinginkan bisa Anda raih dengan mudah jika Anda membuat QR Codes dengan baik. Ini adalah proses yang sederhana memasukkan data yang sesuai ke dalam QR Codes Generator. Itu semua dijelaskan di bawah dan hanya butuh beberapa menit.

Kemampuan QR Codes untuk menghubungkan seseorang dengan yang lain dan konten multimedia digital, sangat berguna untuk bisnis dan sekaligus konsumen.

Asal Usul QR Codes

QR Codes telah aktif digunakan di Jepang selama lebih dari satu decade. QR adalah merek dagang yang terdaftar dari Denso Wave, anak perusahaan Toyota. Denso Wave telah memilih untuk tidak menggunakan hak paten QR Codes mereka dan telah mendorong penggunaannya secara luas.

Ada beberapa perusahaan software lainnya yang telah membuat kode 2D yang bekerja kurang lebih seperti QR Codes, dengan Microsoft yang paling terkenal. Microsoft mengembangkan software milik mereka sendiri untuk membuat kode yang dikenal sebagai MS tags. Tidak seperti QR Codes yang dapat dibaca oleh sejumlah reader yang berbeda, MS Tags hanya dapat dibaca oleh Microsoft Tag Reader.

0211jk-ms-tag

Memilih untuk menggunakan QR Codes atau MS Tags adalah pilihan pribadi. Tampaknya MS Tags lebih mungkin digunakan untuk creative graphic designs seperti menggabungkan gambar dan logo dalam tag. Namun demikian, kemampuan mereka harus diukur dengan jangkauan dan kemudahan penggunaan open-source QR Codes.

Bagaimana QR Codes Bekerja?

QR Codes Generator – Ada sejumlah situs untuk menghasilkan QR Codes dan semuanya gratis. Pencarian di Internet untuk QR Code generator akan menawarkan banyak pilihan.

Salah satu yang bekerja dengan baik adalah Kaywa, sebuah situs yang dibuat oleh Datamatrix, yaitu salah satu pionir kode 2D. Anda akan menggunakannya untuk membuat QR Codes yang berhubungan dengan halaman web, teks, nomor telepon, atau SMS. QR Codes Generator yang lain dengan kemampuan lebih baik, termasuk mengatur warna dan format kode Anda adalah Kerem Erkan.

QR Codes Readers – QR Codes Readers yang bekerja dengan baik dengan iPhone adalah i-Nigma yang mengklaim sebagai  QR Codes Readers yang paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini mengakomodasi hampir semua jenis ponsel kamera. Untuk android, Anda juga dapat mencoba Barcode Scanner. Jika Anda sudah memiliki aplikasi pengecek harga Red Laser, mereka juga sudah bisa mengakomodasi QR Codes reading.

Pengaplikasian QR Codes

Sharing  – tidak ada batasan untuk bagaimana, atau bahkan berapa banyak Anda bisa berbagi dengan QR Codes. Saat sebuah video atau landing page mudah untuk dibagikan, Anda akan bisa melangkah lebih jauh, sharing seluruh eBook dan bahkan banyak bagian dari konten yang berbagi sebuah link biasa.

Komunitas – Berbagi adalah bagaimana Anda membangun komunitas, dan salah satu tempat favorit untuk melakukan hal ini adalah Facebook. Anda dapat menggunakan Likify untuk membuat QR Codes yang menghubungkan perangkat mobile Anda ke tombol LIKE yang berfungsi penuh untuk halaman Facebook Anda.

0211jk-likify-jeff-korhan-professional-page

Ini sangat mempermudah proses penggabungan Komunitas Anda yang lain dengan halaman Facebook Anda dan itu semua dilakukan hanya dalam satu kali klik.

Selain itu, ikon “thumbs-up” jelas menunjukan tujuan dari kode tersebut.

Calls to Action – Setelah membangun sebuah komunitas, langkah selanjutnya adalah untuk memobilisasi mereka untuk take action.

Apa yang ingin Anda capai? Anda dapat alternatif penawaran khusus hanya dengan menghubungkan QR Codes Anda ke landing page baru, dan Anda dapat menggabungkannya dengan email opt-ins untuk membuat daftar milik Anda.

SEO and SMO QR Codes meningkatkan pengoptimalan search engine dan media sosial. Sekarang Anda dapat meningkatkan lalu lintas pada objek-objek yang dicari. Untuk lebih mengoptimalkan hal tersebut, Anda dapat mendorongnya dengan lebih banyak berbagi.

Social Proof  -melalui semangat komunitas online, Anda bisa membantu membangun komunitas offline. Hal ini menjadi sebuah bukti sosial pengaruh Anda dan kepiawaian Anda dalam kehidupan nyata. Sebagai salah satu contoh, Anda dapat menggunakan QR Codes untuk menghubungkan postingan blog tertentu yang telah menerima kegiatan yang melimpah.

Analytics – QR Codes biasanya berhubungan ke urls, itulah mengapa sekarang layanan memperpendek link seperti bit.ly dan goo.gl secara otomatis menghasilkan QR Codes untuk berbagi shortened link Anda. Sebagai contohnya menggunakan goo.gl, Anda cukup klik pada “more link setelah Anda membuat shortened Link Anda, di mana Anda menuju ke halaman yang tidak hanya memberi Anda QR Codes, tetapi analytics yang cukup berguna.

MyQR.co adalah situs lain yang menyediakan analisis dan kemampuan untuk menyesuaikan warna QR Codes Anda.

0211jk-bitly

Penggunaan QR Codes

Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan QR Codes yang sebagian besar telah dipraktekan sekarang dan akan bisa kita lihat dalam waktu dekat.

QR Codes dapat digunakan pada:

  • Belakang (atau depan dan belakang) dari kartu Anda
  • Brosur dan materi pemasaran lainnya
  • Sisi truk dan trailer
  • Tag produk dan kemasan
  • Nametags konvensi dan acara
  • Menu restoran
  • Tiket acara
  • Tanda terima Point-of-sale

0211jk-ask-your-questions

QR Codes bisa mempunyai link ke:

  • Instruksi instalasi/pemasangan
  • Persediaan untuk suku cadang dan layanan
  • Arah bisnis Anda
  • Proses untuk menyewa jasa profesional Anda
  • Kupon berharga dan penawaran khusus
  • Rekomendasi untuk produk dan jasa pelengkap
  • Download mp3 gratis
  • Suatu bentuk Feedback pelanggan

DSC_3932

Memaksimalkan efektivitas Anda dengan QR Codes:

  • Memberikan penjelasan tentang penggunaan dan manfaatnya produk Anda
  • Mendorong tindakan yang mendukung rencana pemasaran Anda
  • Meredakan kekhawatiran terkait tantangan teknis
  • Memberikan alasan untuk kembali datang
  • Percobaan dengan ukuran, lokasi, dan warna QR Codes Anda
  • Studi analisis Anda
  • Membuat sesuatu hal yang menyenangkan, seperti QR Codes hunting
  • Eksperimen

Contoh Nyata

United Airlines – Banyak maskapai penerbangan besar sekarang menggunakan kode 2D sebagai boarding pass digital. Semua maskapai penerbangan diminta untuk menyediakan layanan ini untuk penerbangan internasional.

0211jk-united-airlines

Untuk hal seperti ini Anda disarankan untuk menyimpan gambar QR Codes Anda di handphone , agar di saat tidak ada sinyal yang bagus, Anda dapat menggunakannya dengan baik.

Google Places – Bila Anda mendaftarkan bisnis lokal Anda dengan Google Places, Anda akan menerima stiker untuk tempat usaha Anda termasuk QR Codes ke website perusahaan Anda. Pastikan bahwa QR Codes mempunyai link ke informasi yang paling relevan dan membuat para customer tertarik, seperti jam operasional dan penawaran spesial saat ini.

The Cure Starts Now FoundationNon-profit Foundation ini kreatif menggunakan kode QR dalam kemitraannya dengan usaha kecil yang berskala lokal, dan hasilnya telah menguntungkan bagi kedua belah pihak.

The Cure Starts Now Foundation dimulai pada tahun 2007 oleh Keith Desserich dan istrinya Brooke, untuk mengenang putri mereka yang berusia enam tahun Elena, yang meninggal karena kanker otak. Mereka bermitra dengan Graeter Ice Cream, yang berbasis di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat. Mereka menciptakan es krim dengan rasa spesial bernama Elena Blueberry Pie.

0211jk-cones-flex copy

 

Kampanye ini tidak hanya melampaui tujuan penggalangan dana, tetapi juga membantu untuk meningkatkan pendapatan dan distribusi untuk Graeter Ice Cream. Graeter Ice Cream aktif berpartisipasi dengan cara pendapatan dari per scoop es krim yang dibeli oleh customer disisihkan untuk penggalangan dana.

Masa Depan QR Codes dan Tag

Potensi QR Codes tidak terbatas. QR Codes mengambil apa yang telah media sosial lakukan sekarang dengan baik, membawa orang berjalan beriringan dengan teknologi, dan memperluasnya untuk meningkatkan suatu pengalaman.

Generasi berikutnya dari barcode akan menyimpan lebih banyak informasi, sehingga mungkin koneksi internet nantinya tidak akan diperlukan lagi. Suatu konten akan efektif tertanam dalam sebuah kode. Coba Anda bayangkan dengan hanya memindai sebuah kode digital, suatu bentuk fisik yang nyata akan muncul?

Sungguh menakjubkan untuk memikirkan sejauh mana ini akan berkembang.

Bagaimana dengan Anda? Bagaimana Anda dapat menggunakan QR Codes untuk mengambil keuntungan dari fenomena ini? Digitalmarketer.id akan sangat antusias untuk mendengar komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Write A Comment