Social Media

Strategi Menambahkan Link di Instagram Stories untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Perkembangan Instagram belakangan ini semakin keren. Anda suka melihat stories di Instagram yang ada tulisannya See More/Swipe Up ke arah atas?

Nah, ini merupakan salah satu cara yang fresh di Instagram untuk Anda yang menjalankan bisnis online menggunakan medium social media.

Swipe More di Instagram Stories bisa membantu Anda untuk mengarahkan traffic yang Anda dapat di Instagram ke web Anda.

Anda ingin tahu bagaimana caranya menggunakan strategi ini?

Anda berada di artikel yang tepat.

Di dalam artikel kali ini, Anda akan diajari bagaimana cara menambahkan link di Instagram Stories dan juga cara menggabungkan link tersebut ke dalam Instagram marketing Anda.

 Yuk, kita mulai pembahasannya!

Perkembangan Instagram : Menambahkan Link di Instagram Stories dengan Swipe More

Siapa yang bisa menambahkan link di Instagram Stories?

Seperti kebanyakan fitur marketing di Instagram lainnya, yang bisa mengakses fitur baru ini adalah orang yang memiliki akun yang sudah terverifikasi.

Instagram mulai mengembangkan fitur ini untuk para marketer di Instagram pada bulan Mei 2017.

Link di stories yang bisa diklik juga sudah tersedia di business profile.

Yang menarik adalah, sepertinya tidak ada batasan geografis untuk link di stories.

Berikut ini cara menambahkan linknya.

  1. Buat Instagram Story Anda

Anda bisa ambil foto atau video langsung di aplikasi Instagram Stories. Bisa juga Anda menggeser layar story untuk mengimpor gambar yang diambil dalam 24 jam terakhir.

  1. Menambahkan Link URL

Untuk menambahkan link Anda, klik chain link icon yang ada di bagian atas story Anda.

1

Nah, window baru akan muncul di layar hp Anda dan membiarkan Anda untuk menginput link destination dari pilihan Anda.

Ketik alamat URL secara lengkap dan tap pada tanda crosscheck yang warnanya hijau (di Android) atau “done” (di iOS) untuk save linknya.

2

Yang perlu Anda tahu, analisis Instagram Story saat ini tidak melacak URL yang diklik.

Jadi kalau Anda mau mengukur traffic dan konversi, gunakan link yang bisa dilacak secara terpisah.

Direkomendasikan untuk menggunakan link shortener seperti Bit.ly atau Rebrand.ly

Sekali sukses menghubungkan URL ke story Anda, chain link icon akan terlihat putih seperti pada gambar.

insta 3

  1. Lanjut Mengedit Story Anda

Tambahkan content lainnya seperti text, sticker, atau filter ke story Anda. Setelah itu, upload.

Pada saat menambahkan content, Anda bisa masukkan juga call to action ke dalam teks story Anda untuk mengarahkan audience agar mengakses link.

CTA yang paling umum seperti “Swipe ke atas untuk melihat lebih banyak” atau tap “see more untuk mengunjungi web kami.”

Cara supaya follower Anda bisa melihat story Anda dengan Link

Waktu orang-orang melihat postingan Anda di Instagram story, mereka juga akan melihat opsi See More di bagian bawah layar hp.

4

Walaupun tampilan See More sudah ada di layar hp, masih ada saja yang melewatkannya karena alasan tidak terlihat.

Jadi ada bagusnya Anda memasukkan CTA seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Cara yang efektif untuk menggunakan Link di Instagram Stories

Karena dengan menambahkan link ke stories merupakan cara yang paling baik untuk memberikan link yang spesifik ke setiap postingan di Instagram, para marketer menjadi terlalu sering menambahkan link.

Pertanyaannya adalah, apakah efektif?

Tergantung dari jumlah postingan yang akan Anda buat dalam satu story.

Baiknya sih tidak semua postingan Anda sertakan link, cukup tambahkan link di 1 atau 2 postingan saja.

Misalnya gini. Kalau story Anda isinya 3 sampai 4 postingan, Anda hanya perlu menambahkan 1 link saja.

Kalau story Anda isinya 6 sampai 8 postingan, Anda bisa memasukkan 2 link pada postingan yang Anda pilih.

Pastikan kalau link yang Anda gunakan memiliki value dan context untuk story Anda. tujuannya agar bisa menyampaikan benefit dari produk Anda kepada audience.

Berikut ini ada beberapa cara kreatif yang bisa menjadi inspirasi dalam menggunakan link dalam stories.

a. Mengarahkan Traffic ke Post Blog Anda

Kalau Anda punya blog baru dan ingin orang-orang mengunjungi blog Anda, Anda bisa menyelipkan link blog Anda ke dalam Instagram Stories.

Dengan menambahkan link sebagai strategi marketing, Anda bukan hanya memberikan alert kepada orang-orang kalau Anda punya blog baru, tapi Anda juga memasukkan link yang akan mengantarkan mereka langsung ke blog.

Contohnya seperti ini

5

b. Menyelesaikan Tutorial atau DIY Stories

Kalau Anda menggunakan Instagram Stories untuk kegiatan sharing tutorial atau DIY tips dengan audience, Anda pastinya ingin menambahkan link ke website Anda dengan tujuan untuk menyelesaikan instruksi dibagian akhir story Anda.

Misalnya Anda ingin sharing tentang resep masakan ke audience.

Di postingan pertama, Anda bisa menampilkan masakan yang telah selesai Anda buat.

Postingan-postingan berikutnya, Anda bisa memunculkan scene dari proses persiapan.

Post terakhir di story, tampilkan masakan yang sudah tersaji dalam piring dengan tambahan CTA untuk swipe up agar mereka bisa mendapatkan resepnya secara lengkap di web Anda.

c. Mengupas Content Ekslusif

Strategi marketing menggunakan link di Instagram Story juga merupakan sebuah cara yang kreatif untuk menggoda audience agar mereka lebih penasaran dan mencari tahu lebih lanjut.

Zach King menggunakan Instagram Story untuk mengumumkan pemenang dari kontes yang diadakan baru-baru ini.

Yang menarik adalah untuk bisa melihat pemenang, audience harus melakukan swipe up. Nantinya mereka akan diarahkan ke web milik Zach.

6

Taktik ini juga bagus sekali dan bisa bekerja dengan baik ketika Anda akan memberikan informasi ekslusif, sneak peek untuk produk baru atau project baru Anda, atau bisa juga digunakan sebagai blooper untuk video yang Anda shoot.

Mempromosikan Produk atau Jasa Anda

Kalau Anda memiliki bisnis yang menjual produk atau jasa, sudah pasti Anda ingin mempromosikannya.

Dengan adanya Instagram stories, Anda bisa melakukan kegiatan promosi produk atau jasa Anda.

Dan seperti kebanyakan strategi social media lainnya, cara ini bisa diterima kalau digunakan secukupnya.

Tidak harus setiap story perlu digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.

Misalkan Anda memilih untuk menggunakan link yang bisa diklik di stories untuk promosi produk Anda, Anda juga harus menggunakan link untuk beberapa strategi lain yang ada di sini.

Tujuannya untuk memastikan kalau audience Anda agar tidak memberikan asumsi kalau Anda menjual produk ke mereka setiap kali mereka melihat link di story Anda.

Cara yang paling baik untuk mempromosikan produk, jasa, atau campaign promosi adalah dengan keep fun dan menggunakan style yang mirip dengan stories yang biasa Anda buat sehari-harinya.

Contohnya, seperti ini

7

Kesimpulannya…

Jadi, kita sudah berada di penghujung artikel.

Fitur baru yang bisa menambahkan link di Instagram stories ini menjadi angin segar untuk kebanyakan marketer yang ingin mencari traffic dari Instagram dan mengarahkannya ke web.

Ketika digunakan dengan cara yang kreatif dan efektif, Anda yang memiliki akes untuk fitur ini bisa mengembangkan bisnis untuk ke depannya.

Terakhir untuk artikel ini, sebaiknya Anda, terutama yang menggunakan social media untuk kegiatan marketing bisnis, bergeraklah sekarang.

Kalau akun Anda belum terverifikasi, pertimbangkan untuk mengajukan verifikasi akun, setelah itu praktikkan wawasan yang telah Anda dapat dari artikel ini.

Jangan dibiarkan, nanti hanya akan menjadi koleksi saja dalam pikiran Anda!

Sampai jumpa di artikel lainnya!

Masih penasaran dengan Instagram dan cara memulai bisnis di Instagram, Anda bisa membaca artikel menarik lainnya seperti :