Anda pasti mengenal snapchat yang kini tengah menjadi trend di kalangan artis bukan?
Sejak diluncurkan, September 2011, Snapchat telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa.
Snapchat sekarang memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian dan 7 miliar video yang tayang setiap harinya.
Banyak brand yang sudah terkenal beralih ke Snapchat sebagai cara untuk terhubung dengan audience mereka. Gatorade contohnya, merk minuman isotonic terkenal di amerika ini menggunakan sponsored lens dari Snapchat selama Super Bowl dan menghasilkan lebih dari 100 juta views .
Artikel ini akan membahas tentang mengenal snapchat lebih dekat sebagai sarana mengembangkan bisnis Anda. Bagi Anda yang belum mengenal snapchat, terus simak artikel ini.
Snapchat
Dalam dunia media sosial melestarikan sebuah momen telah menjadi hal yang utama, namun Snapchat menemukan cara untuk melawan arus tersebut.
Dalam Snapchat, setiap momen hanyalah sementara. Apa yang dibagikan jarang disimpan. Ini tentang momen dalam sebuah koneksi.
Snapchat memungkinkan kita untuk berbagi Foto-foto lucu dan unik, video, dan pesan (juga dikenal sebagai ‘Snaps’) namun hanya untuk sementara saja. Gambar dan video akan berlangsung di mana saja dari satu sampai sepuluh detik, dan pengguna dapat memperindah setiap Snap dengan keterangan, gambar, dan filter.
Setelah Snap dilihat, Snap tersebut akan hilang.
Perbedaan dengan media sosial yang lain ini, ketika Anda berinteraksi dengan orang lain sehari-hari, Snapchat meniru perilaku tersebut lebih dekat daripada media sosial yang lain.
Mengenal Snapchat Lebih dekat
Jadi kita telah membahas sedikit tentang Snapchat, tapi bagaimana Snapchat bekerja? Mari kita bahas beberapa fitur utama untuk mengenal Snapchat lebih lagi.
Snaps, Story, dan Chat
Apa itu Snap?
Snap adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan foto dan video yang nantinya akan hilang- ini adalah fungsi utama aplikasi ini. Ketika Anda mengirim Snap ke teman Anda, Anda bisa membuatnya tetap ada selama satu sampai sepuluh detik dan kemudian setelah snapchat itu dilihat, Snap tersebut akan hilang.
Apa itu Story?
Sebuah story adalah kumpulan Snaps yag dimainkan satu demi satu. Cerita, tidak seperti Snaps dikirim ke teman-teman individu, story dilihat oleh siapapun yang menjadi follower Anda. Story akan berakhir hingga 24 jam setelah diposting dan orang-orang yang mengikuti story Anda dapat kembali menonton sebanyak yang mereka suka.
tips: Ketika Anda menonton story di Snapchat, Anda dapat membalasnya dengan foto atau video tertentu dengan menggeser dari bagian bawah layar ke atas.
Bagaimana chatting bekerja?
Snapchat juga memiliki fitur Chat, untuk memulai percakapan hanya dengan menggesek ke kanan pada nama mereka dari halaman Snaps terbaru Anda. Seperti Snaps, chatting akan hilang setelah Anda membacanya.
Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang cara kerja pada video ini utnuk lebih mengenal snapchat:
Lens dan Filter
Apakah Anda ingin menambahkan filter gambar Instagram-gaya atau menambahkan monokel atau kumis untuk selfie Anda, menambahkan Lens dan Filter adalah cara yang asyik dan menyenangkan meningkatkan Snaps Anda.
Lens
Diluncurkan pada September 2015, menggunakan Lens adalah cara yang menyenangkan untuk Snap Anda.
Lens biasanya animasi lucu atau konyol seperti menempel ketika Anda selfie, sekitar 10 juta orang menggunakan lens setiap hari .
Snapchat menjelaskan di blog mereka bagaimana Lensa bekerja:
Bila Anda menggunakan kamera untuk selfie, cukup tekan dan tahan layar wajah Anda untuk mengaktifkan Lens. Anda dapat bermain dengan Lens sebelum mengambil Snap – cukup pilih salah satu di bagian bawah dan ikuti petunjuk di layar!
Berikut ini adalah contoh Lens:
Sponsored Lens
Untuk mencapai sukses jangka panjang, media sosial harus mencari tahu strategi untuk mendapatkan keuntungan.
Awalnya, Snapchat bereksperimen dengan disponsori ‘brand stories’ dan Lens store. Namun, untuk saat ini, mereka tampaknya telah menetap di Lensa disponsori sebagai aliran pendapatan utama mereka.
Sekitar sebulan setelah Lens rilis,debut Lens pertama Snapchat disponsori oleh Twentieth Century Fox, yang mengggunakan Lens untuk mempromosikan The Peanuts Movie.
Sejak sponsored Lens pertama, banyak brand yang tealh mencobanya. Salah satu contoh sukses adalah Gatorade yang menggunakan sponsored lens dari Snapchat selama Super Bowl menghasilkan lebih dari 100 juta tampilan SuperBowl di akhir pekan, itu hampir sama banyak dilihat di TV (111.900.000).
Snapchat menjual sponsor ini antara $ 450.000 dan $ 750.000 per hari.
Filter
Sama seperti jejaring sosial lainnya, Snapchat memungkinkan Anda untuk meningkatkan konten Anda dengan filter. Untuk melihat filter yang tersedia untuk Anda bisa geser ke kanan setelah merekam video atau mengambil gambar.
tips: Anda dapat menambahkan beberapa filter untuk gambar dengan jari Anda terus menyentuh layar setelah Anda memiliki satu filter yang dipilih dan terus menggesernya.
Geofilters
Geofilters adalah hamparan unik untuk Snaps yang hanya dapat diakses di lokasi tertentu. Berikut ini adalah contoh dari Monterrey, Meksiko:
Membuat GeoFilter
Siapapun dapat mengirimkan GeoFilter mereka sendiri, dan Snapchat mendorong desainer untuk menggunakan ini filter ini guna membawa style mereka sendiri untuk komunitas Snapchat.
Berikut adalah rekomendasi Snapchat untuk pengiriman GeoFilter:
- Filter harus berbentuk PNG transparan yang dioptimalakan untuk web
- File PNG Anda harus memiliki lebar 1080 pixel dan tinggi 1920 piksel
- File PNG Anda harus berukuran di bawah 300KB
Sponsor Geofilters saat ini sedang launching dengan beberapa partner brand yang dipilih dan bekerja untuk meluncurkan produk geofilters lebih luas akhir tahun ini.
On-Demand geofilters
Snapchat sekarang telah memperkenalkan jenis GeoFilter terbaru. On-demand geofilters memungkinkan siapa pun untuk membayar Snapchat telah memiliki sendiri, GeoFilter unik yang tersedia di lokasi tertentu untuk menetapkan jumlah waktu.
Snapchat On-Demand Geofilters membiarkan Anda merancang custom filters orang dapat digunakan pada snaps mereka berdasarkan custom location yang Anda tentukan.
Ini sangat menarik dan bisa membuka banyak kesempatan bagi usaha kecil dan menengah untuk menggunakan Snapchat sebagai funnel marketing.
Bayangkan Anda menjalankan sebuah restoran, Anda bisa membuat filter untuk memperkenalkan hidangan baru dan membuatnya tersedia di kota Anda. Atau bioskop lokal bisa menjalankan GeoFilter untuk film baru keluar. Potensi untuk secara kreatif menggunakan fitur ini tidak terbatas.
Anda bisa mempelajari on demand geo filter pada artikel berikut ini >>> Memanfaatkan On-Demand Geofilter Snapchat Untuk Event Bisnis Anda
Atau Anda bisa mecari tahu lebih lanjut tentang on-demand filter di website resmi Snapchat.
Discover: Tujuan media sosial Snapchat ini
Pada bulan Januari 2015, Snapchat meluncurkan Discover , “cara baru untuk mengeksplorasi Story dari tim editorial yang berbeda.”
Fitur Discover diluncurkan dengan 11 perusahaan media seperti ESPN, The pemutih Laporan, CNN dan Wakil. Temukan menempatkan merek ini di posisi utama untuk merebut perhatian penonton muda Snapchat ini.
Untuk lebih mengenal Snapchat, Berikut ini adalah video bagaimana fitur Discover bekerja:
Cara menambah teman
Ada sejumlah cara untuk menambah teman di Snapchat. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tekan ikon ghost yang ditampilkan di bagian atas layar kamera dan pilih opsi ‘Add Friends’.
Dari layar ‘Add Friends’ Anda dapat menambahkan akun lain dengan Username, dari contact smartphone Anda, dengan Snapcode atau .
Menambahkan dengan Username
Jika Anda tahu nama pengguna akun yang ingin Anda tambahkan, cukup ketik nama mereka di kotak ‘Add by Username’ dan kemudian tekan pada tombol’ + ‘untuk terhubung dengan mereka.
Menambahkan dari Contact Handphone
Pilihan ini akan memungkinkan Anda untuk mencari kontak di ponsel Anda untuk melihat siapa yang sudah ada di Snapchat. Dari sini, Anda juga dapat mengirim SMS mengajak kepada siapa saja yang belum menggunakan Snapchat.
Menambahkan dengan Snapcode
Sebuah Snapcode bekerja seperti QR code dan Anda dapat menambahkan teman dengan memindai Snapcode mereka menggunakan smartphone Anda. Anda dapat memindai Snapcode langsung dari aplikasi Snapchat orang lain, atau scan dari foto yang Anda terima melalui email atau IM.
Untuk memindai foto yang berisi Snapcode, Anda hanya perlu tekan pada ‘Add Friends’ >‘Add by Snapcode’ > Foto.
Add Nearby
Add Nearby adalah fitur berbasis lokasi, yang memungkinkan Anda untuk mencari dan terhubung dengan pengguna Snapchat lainnya yang berada di area yang sama dengan Anda.Tap ‘Add Friends’ > ‘Add Nearby’ dan Snapchat akan menemukan pengguna terdekat.
Berbagi username Anda
Snapchat juga telah merilis cara untuk berbagi username Anda secara publik dan memungkinkan orang lain untuk terhubung dengan Anda.
Untuk melakukan hal ini, tekan ‘Add Friends’ > ‘Share username.’ Hal ini kemudian akan menghasilkan link untuk Anda yang akan terlihat seperti ini “snapchat.com/add/ashread14“. Jika Anda berbagi link ini dengan seseorang, mereka kemudian dapat menambahkan Anda di Snapchat (ini bekerja dengan sangat lancar di ponsel, pada desktop URL Anda akan link ke halaman download Snapchat).
Apa Arti Emoji?
Jika Anda memeriksa daftar teman Anda di Snapchat, Anda mungkin melihat emoji di samping beberapa kontak Anda, misalnya, atau :
Setiap emoji ini berarti sesuatu yang berbeda, dan mereka berubah dari waktu didasarkan pada bagaimana Anda berinteraksi dengan teman tersebut. emoji ini bersifat pribadi dan hanya akan pernah dilihat oleh orang lain selain Anda.
Berikut adalah rincian dari apa arti setiap emoji tersebut:
- Gold Star – Orang yang paling banyak mengirimkan snap dalam 24 jam terakhir.
- Yellow Heart – Anda menjadi orang yang mengirimkan paling banyak snap pada orang tersebut. begitu juga sebaliknya.
- Red Heart – sama-sama menjadi teman terbaik selama dua minggu berturut-turut.
- Pink Heart – sama-sama menjadi teman terbaik selama dua bulan berturut-turut.
- Baby – Anda baru saja berteman dengan orang ini.
- Face With Sunglasses – Salah satu teman terbaik Anda adalah salah satu teman terbaik mereka. Anda mengirim banyak snaps kepada seseorang yang juga mengirim banyak Snaps.
- Grimacing Face – Orang yang mengirimkan Snap paling banyak ke orang yang juga Anda kirimkan Snap.
- Smirking Face – Anda adalah salah satu dari teman-teman terbaik mereka … tapi mereka bukan teman terbaik Anda. Salah satu orang yang paling banyak Anda kirimkan Snap.
- Smiling Face – Teman terbaik dari Anda yang lain. Salah satu orang yang paling banyak Anda kirimkan Snap
- Fire – Anda dan teman ini saling bertukar Snap secara berurutan
- Hundred – 100 Hari Snapstreak. Emoji ini muncul di samping emoji fire ketika Anda saling bertukar Snap secara berurutan seratus hari berturut-turut.
Emoji akun yang terverifikasi
Jika story dibagi oleh akun terverifikasi (biasanya disediakan untuk tokoh masyarakat terkenal, brand terkenal dan selebriti), Anda akan melihat emoji kustom di samping nama mereka.
Emoji untuk official story bervariasi dari orang ke orang. Sebagai contoh, emoji basket muncul di sebelah official story NBA, story Calvin Harris disertai dengan harimau , dan DJ Khaled menggunakan emoji kunci .
Update Snapchat terbaru
Unutk lebih menganal Snapchat, sekitar seminggu yang lalu apalikasi melakukan update terbaru yaitu Snapchat 2.0. Update terbaru ini membuat Snapchat menjadi lebih sempurna, mencakup teks, suara, video, dan tentu saja, sticker.
Yang membuat Snapchat 2.0 sempurna adalah bagaimana semua aspek di atas terintegrasi secara penuh dan bekerja secara simultan. Ketika Anda tengah mengirim pesan dengan teman Anda misalnya, Anda bisa langsung mengirim reaksi secara live dalam bentuk video atau audio dengan hanya menahan tombol di atas keyboard .
Fitur panggilan video dan audio kini bisa diakses sebelum Anda memulai chat dengan pengguna lain. Selagi sedang mengobrol, Anda bisa mengirimkan foto dari galeri di smartphone Anda tanpa perlu menghentikan panggilan video atau audio. Semuanya berjalan secara real-time, hampir seperti berkomunikasi face-to-face yang sebenarnya.
Ketika seseorang mengundang Anda untuk video call, Anda bebas memilih untuk bergabung atau sekadar melihat apa yang hendak disampaikan olehnya, lalu membalasnya menggunakan teks.
Snapchat 2.0 juga mengemas lebih dari 200 sticker yang akan bereaksi secara otomatis terhadap teks yang Anda kirim. Jadi semisal Anda mengirim pesan berbunyi “hungry”, sticker yang relevan akan langsung muncul ketika Anda menekan tombolnya di ujung kanan sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya lagi.
Para Pengguna Snapchat kini bebas berpindah dari medium teks ke suara atau video ketika percakapan tengah berlangsung, tanpa ada jeda yang disebabkan oleh keterbatasan aplikasi.
Untuk melengkapi semua itu ada fitur yang bernama Auto-Advance Stories. Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah Snap, Snap lainnya akan langsung dimulai secara otomatis tanpa menunggu instruksi dari pengguna. Saat sudah bosan, pengguna tinggal menggeser ke bawah untuk keluar dari menu Stories.
Versi Snapchat 2.0 ini sudah tersedia di iOS dan Android.
Hal Selanjutnya….
Itulah hal-hal tentang mengenal Snapchat secara lebih dekat, yang perlu diketahui jika Anda ingin menggunakan Snapchat sebagai sarana membangun brand Anda atau bisnis Anda.
Bagaimana? Apakah Anda sudah lebih mengenal Snapchat? Apakah Anda sudah menggunakan Snapchat atau malah sudah mahir dalam menggunakannya? Anda bisa berbagi pengalaman Anda menggunakan Snapchat bersama DigitalMarketer.id pada kolom komenetar di bawah ini.
Selanjutnya, Digital Marketer akan membahas tentang tips membangun brand Anda di Snapchat. Namun akan kita bahas di artikel selanjutnya.