Kali ini, DigitalMarketer.id akan membahas update baru Facebook untuk bisnis online Anda.
Platform yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini beberapa minggu terakhir mulai meluncurkan update terbarunya.
Dari Instant Article, Live Video, dan ada beberapa perubahan lain di Facebook.
Merasa kewalahan oleh banyak update di Facebook?
Di bawah ini kami berbagi wawasan update Facebook terbaru. Plus, mencari tahu hal apa yang penting dari update Facebook untuk Bisnis online Anda.
Masing-masing update tersebut dapat menjadi optimasi Facebook untuk bisnis online Anda
Karena ini adalah semua fitur Facebook baru, Anda mungkin mendapatkan akses kepada mereka pada waktu yang berbeda.
Beberapa mungkin telah tersedia untuk Anda untuk beberapa bulan terakhir, dan Anda mungkin harus menunggu beberapa bulan untuk orang lain untuk menjadi tersedia untuk Anda. Dengan update Facebook terbaru, kesabaran adalah kunci.
Update baru Facebook untuk Bisnis online Anda
Update # 1: Gunakan Facebook sebagai page Anda perlahan akan hilang
Jika Anda telah menikmati menggunakan Facebook sebagai page untuk berinteraksi dengan Audience di page lain – Anda akan sedih untuk mengetahui fitur ini secara perlahan akan hilang.
Jika Anda masih memilikinya, nikmatilah saat itu masih berlangsung.
Setelah itu hilang – jika Anda ingin like page lain dengan page Anda, Anda harus menggunakan opsi berikut ini, klik tiga titik di sebelah kanan cover facebook.
Kemudian Anda akan pilih Like As Your Page.
Jika Anda ingin posting di timeline atau mengomentari posting page ini – Anda bisa klik menu dropdown di kanan atas kotak update untuk beralih dari profil pribadi Anda ke page Anda.
Jika page Anda dikelola dalam Business Manager, itu ada di list yang sama.
Anda hanya perlu scroll ke bagian bawah list ini untuk menemukan account Business Manager Anda klik, lalu pilih page Anda.
Untuk melihat semua update dari page Anda like dengan halaman Anda, Anda bisa ke page Anda dan klik pada link See atau See Page Feed.
Jika page Anda dikelola dalam Business Manager, Anda harus login ke Business Manager, kemudian mengunjungi page Anda untuk menemukan link ini.
Dari “Pages Feed” yang ditunjukkan di bawah ini, Anda bisa like, memberikan komentar, dan berbagi posting sebagai page Anda.
Jika Anda klik pada link home di bagian atas layar Facebook, Anda akan kembali menggunakan Facebook sebagai profil pribadi Anda lagi.
Update #2: Facebook Instant Article
Anda mungkin telah memperhatikan saat browsing artikel di aplikasi Facebook Anda, beberapa artikel membawa Anda ke situs web publisher seperti biasa, seperti artikel Inc. di bawah sebelah kiri ini. Lainnya memuatnya di dalam aplikasi Facebook itu sendiri, seperti artikel BuzzFeed bawah sebelah kanan.
Yang sebelah kanan adalah contoh dari Facebook Instant article.
Sementara, ini hanya tersedia untuk sejumlah publisher , fitur ini akan dirilis untuk publik pada tanggal 12 April ini.
Berikut adalah beberapa hal yang patut dicatat tentang Facebook Instant Artikel:
- Ini dimaksudkan untuk publisher yang membuat banyak konten. Untuk menyetujui program ini, Anda harus mengirimkan minimal 50 artikel yang dioptimalkan untuk Facebook Instant Artikel. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang persyaratannya di sini.
- Hal yang bagus bagi pengguna WordPress! Ada banyak plugin untuk memandu Anda mendapatkan Facebook Instant article. Ini termasuk plugin oleh pencipta WordPress. Plug in nama itu Automattic . Ada juga satu per PageFrog yang mencakup Google AMP optimasi.
- Pengguna non-WordPress perlu menunggu dan melihat apakah platform mereka akan mendukung coding Facebook Instant Article. Atau, menambahkan kode Facebook Instant Article sendiri menggunakan Docs Developer .
Jika Anda suka cara artikel Anda dikirim sekarang, tidak akan menjadi masalah tentang fitur baru ini.
Jika Anda lebih suka pengunjung yang klik artikel Anda dalam aplikasi Facebook lalu pergi ke website Anda, Anda mungkin tidak ingin berinvestasi di Facebook Instant Article pada awalnya.
Ada 2 pertanyaan tentang Facebook Instan Article, Google AMP dan Pinterest How Pins (yang semuanya diarahkan untuk memuat konten secara Instant bagi pengguna ponsel).
Bagaimana pengguna ponsel menjadi terbiasa dengan konten instan seperti ini? Dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi situs yang tidak menyampaikan konten mereka secara cepat?
Update#3: Facebook Live Video yang Bersaing dengan Kompetitor
Facebook live video dimulai sebagai fitur yang tersedia untuk selebriti dan tokoh masyarakat hanya di aplikasi Facebook Mention.
Tapi ketika platform lain seperti Periscope, Snapchat, dan Blab mulai tidak membatasi, Facebook memutuskan mereka juga akan seperti itu.
Jadi Facebook mulai memungkinkan orang untuk broadcast video langsung melalui aplikasi Facebook di profil pribadi mereka.
Kemudian mereka melangkah lebih jauh dan mulai membiarkan pages broadcast live video.
Sekarang, Facebook live video telah pergi lebih jauh dan membuka pintu untuk broadcast live video dari profil pribadi Anda ke grup Anda dan Page event.
Dan itu hanya awal.
Pemilik page mulai melihat insight dari broadcast video langsung dan tulisan yang berisi replay (tayangan ulang) live video.
Facebook juga berencana menambahkan filter seperti Snapchat dan tool editing sehingga Anda bisa lebih kreatif dengan video Anda. Gambar berikut adalah dari Facebook media aset.
Mereka juga berencana untuk membuat live video lebih mudah untuk ditemukan.
Mereka akan melakukan hal ini dengan update untuk aplikasi Facebook yang akan menggantikan tombol messenger dengan tombol video discovery.
Pengguna desktop sudah bisa mulai menemukan broadcast live video menggunakan fitur live map.
Perlu diingat, broadcast ini tidak selalu aman.
Jika Anda adalah group atau admin event, Anda harus mengawasi broadcast live video yang muncul dalam group dan pada page event Anda.
Tergantung pada siapa Anda miliki sebagai anggota, Anda mungkin ingin mempertimbangkan menyalakan pilihan untuk memiliki persetujuan admin posting sebelum ditayangkan. Ini akan mencegah apa pun tidak pasti dari muncul di komunitas Anda.
Update # 4: Facebook Shop Section & Tab Service bermunculan
Update Facebook untuk Bisnis online Anda selanjutnya, kembali pada bulan September, Facebook mengumumkan beberapa fitur baru untuk Facebook Pages.
2 dari fitur tersebut punya kemampuan untuk menambahkan Shop Sections dan tab Service ke page Anda (berdasarkan kategori page Anda).
Kedua hal ini mulai muncul secara acak untuk pemilik page. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menambahkan Shop section, maka akan muncul seperti ini.
Ketika Anda menambahkan Shop Section ke page Anda, itu akan memungkinkan Anda untuk menawarkan produk-produk unggulan yang muncul di atas postingan wall pada timeline Anda.
Anda juga dapat menampilkan berbagai produk di tab Shop Anda.
Anda dapat mengatur setiap item dengan beberapa foto dan deskripsi.
Pengunjung page Facebook akan dapat membeli produk-produk Anda dengan cepat tanpa harus meninggalkan Facebook.
Jika mereka telah melakukan pembelian di Facebook sebelumnya, informasi pengiriman dan kartu kredit mereka akan disimpan dari pembelian terakhir.
Ini akan membuat proses pembelian lebih sederhana dan dapat meningkatkan peluang konversi.
Dari sana, Anda dapat mengelola pesanan melalui halaman Anda Publishing Tools.
Itu adalah tempat di mana Anda dapat menambahkan produk baru, mengelola persediaan, menandai item yang telah dikirim. Anda juga dapat memasukkan kode tracking, mengirim pesan kepada pembeli, dan mengelola pengaturan Toko Anda.
Anda dapat membaca semua tentang menambahkan Bagian Shop ke Page Anda di sini , dan insight baru pada apa yang bisa dan tidak diperbolehkan Facebook di sini .
Di sisi lain, jika Anda memiliki kemampuan untuk menambahkan tab Services, maka akan muncul seperti ini.
Tab Service tidak semewah Shop Section. Serupa dengan Shop Section, itu akan memungkinkan Anda untuk menawarkan layanan unggulan yang muncul di atas postingan di wall pada timeline Anda.
Anda juga dapat menampilkan berbagai layanan yang Anda tawarkan di tab Service Anda.
Anda dapat mengatur setiap layanan dengan foto dan deskripsi singkat.
Sayangnya, yang dapat dilakukan oleh semua pengunjung Facebook page adalah menggunakan tombol Call- to-Action saja pada Facebook page Anda, menghubungi Anda jika nomor telepon terdaftar atau mengklik ke Website Anda untuk menghubungi Anda tentang layanan tersebut.
Berbeda dengan Shop section, tab Service tidak ada cara untuk membeli layanan melalui page Facebook Anda.
Jika Anda tertarik untuk mendapatkan Shop section atau tab service pada halaman Facebook Anda, tetapi tidak melihat mereka segera, Anda dapat mencoba mengubah kategori page Anda.
Untuk melakukan hal ini, pergi ke tab about page Anda dan mengedit kategori dan subkategori.
Perhatikan ketika Anda mengubah kategori page Anda, hal itu dapat mempengaruhi pengaturan lain pada page Anda.
Jadi, jika Anda melakukan hal ini, pastikan untuk melihat timeline, terutama sidebar kiri.
Lihat apakah telah berubah dari Facebook page standar untuk Facebook page yang meminta semua informasi Bisnis Lokal Anda, atau sebaliknya.
Kemudian memutuskan apakah perubahan tersebut layak memiliki Shop Section atau Tab service.Atau mungkin menemukan kategori alternatif namun relevan yang bekerja sebagai gantinya.
Update #5: Frame pada Facebook Profil Picture
Yang satu ini mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap bisnis online Anda, tapi yang pasti Andatetap harus memperhatikannya.
Sekarang, Anda dapat pergi ke halaman Change Profil Picture dan untuk sementara mengubah foto profil atau page untuk mendukung sesuatu. Misalnya, tim olahraga favorit, atau hal-hal lainnya Facebook sedang trend pada saat itu.
Mengapa Anda harus memperhatikan ini sebagai sebuah peluang bisnis?
Sebagai permulaan, jika bisnis Anda berhubungan dengan olahraga atau hiburan, Anda dapat mengubah foto profil page Anda untuk tim juara atau film yang baru dirilis untuk bisa mendapatkan eksposur di news feed page Anda.
Ini adalah ekpodur yang dapat menyebabkan pengunjung untuk klik pada page Anda dan membuat mereka untuk, katakanlah, mengetahui Shop Section Anda dengan produk-produk unggulan yang berhubungan dari tim atau film yang menghiasi frame Anda. Petunjuk dan petunjuk.
Dan Juga, Facebook juga menyebutkan bahwa mereka mungkin memiliki rencana untuk memungkinkan page untuk membuat frame sendiri, dengan tool baru yang akan muncul beberapa bulan ke depan.
Jika Anda bisa membuat frame tersebut itu bisa menjadi branding yang bagus untuk bisnis Anda.
Kesimpulan
Itulah update baru Facebook untuk bisnis online Anda. Ada banyak update dan setelah konferensi developer Facebook 12 dan 13 April ini, ada kemungkinan akan lebih banyak update Facebook untuk bisnis online Anda.
Platform ini terus meningkatkan dan membuka peluang baru bagi kita untuk terhubung dengan fans dan customer potensial untuk bisnis online Anda.
Ketika update ini tersedia untuk akun Facebook Anda, gali potensi update baru Facebook untuk bisnis online Anda tersebut dan gunakan untuk strategi sosial media marketing Anda.
Bereksperimenlah dengan fitur baru tersebut dan cari cara baru untuk menggunakan mereka untuk menjadi menemukan startegi yang lebih efektif.
Apakah Anda sudah mencoba update baru facebook untuk bisnis online Anda tersebut? Anda bisa berbagi pendapat tentang update baru Facebook untuk bisnis online tersebut bersama Digitalmarketer.id pada kolom di bawah ini.