Apakah Anda ingin mempromosikan bisnis lokal Anda untuk pelanggan yang menggunakan Facebook?
Pernahkah Anda mendengar tentang local awareness ad?
Dengan menggunakan local awareness ads ini, pemilik bisnis bisa dengan mudah dan cepat untuk mempromosikan bisnis mereka ke sekelompak orang tertentu yang berada di dekat tempat bisnis mereka.
Campaign local awareness ads mudah untuk diatur dan membiarkan Anda menjangkau pengguna Facebook berdasarkan lokasi yang paling dekat dengan bisnis mereka.
Anda akan menemukan cara untuk menargetkan customer yang dekat dengan bisnis Anda dengan Local Awareness Ads di Facebook.
Table of Contents
Mengapa Local Awareness Ads?
Alih-alih menggunakan boost post atau Facebook ads untuk mendorong keterlibatan (engagement) online, bisnis Anda bisa mendapatkan pengembalian yang lebih besar atas investasi iklan dengan local awareness ads yang dirancang untuk membawa customer melalui pintu Anda.
Anda dapat mengatur iklan tersebut untuk melayani orang-orang di dekat lokasi Anda dengan arah ke toko Anda.
Anda dapat memilih untuk memberikan nomor telepon sehingga mereka dapat dengan mudah menghubungi Anda.
Atau, membiarkan pengguna mengirim pesan ke Anda jika mereka memiliki pertanyaan. Semua hanya dengan meng-klik tombol dari iklan Anda.
Hal ini sangat berguna jika Anda mempunyai bisnis restoran atau toko lokal.
Untuk membuat local awareness ads, berikut ini caranya.
# 1: Membuat Campaign Local Awareness Ads
Meskipun Anda dapat membuat Local Awareness Ads dari Ads Manager, Anda mungkin ingin membuat campaign ini di Facebook Power Editor karena memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dengan audience targeting.
Anda dapat mengakses dashboard Power Editor dari Facebook Ads Manager dengan mengklik pada link Power Editor di menu bagian atas halaman.
Setelah membuka Power Editor, Anda harus memulai campaign baru dengan meng-klik tombol Create New.
Kemudian Anda akan membuka menu drop-down Objective dan pilih Local Awareness Ads.
Pilih local awareness ads sebagai tujuan Anda jika Anda ingin mempromosikan bisnis lokal.
Dari sini, masuk ke lokasi pertama dari bisnis Anda yang ingin dipromosikan.
Sangat penting bahwa Anda menggunakan hanya satu lokasi per campaign loacal awareness adas, sehingga Anda dapat mengoptimalkan kinerja campaign secara individu.
Ingatlah untuk menggunakan hanya satu lokasi bisnis per campaign.
# 2: Tentukan Target Iklan
Untuk menentukan siapa yang melihat iklan di Facebook, Anda akan mengedit bagian audience dari set iklan Anda.
Anda perlu menentukan dua parameter: lokasi geografis dan custom audience yang Anda ingin targetkan.
Berikut ini adalah contohnya.
Gunakan behavior targeting untuk menelusuri ke audience yang tepat untuk iklan Anda.
Ada ratusan kombinasi targeting yang dapat digunakan di Facebook. Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu metode targeting per lokasi bisnis atau dalam split tes, pastikan untuk membuat iklan baru untuk masing-masingnya.
Ini akan membiarkan Anda secara akurat melacak kinerja setiap metode targeting.
Misalnya, jika Anda ingin menargetkan digital marketer serta entrepreneur, membuat dua set iklan yang berbeda sehingga Anda dapat menyesuaikan anggaran dan melacak kinerja masing-masing secara terpisah.
Set iklan ini mempromosikan lokasi usaha yang sama tetapi menargetkan audience dengan perilaku yang berbeda.
# 3: Desain Iklan Anda
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari local awareness ads, Anda harus memberikan alasan pada orang-orang yang melihat iklan Anda untuk mengunjungi toko atau menghubungi Anda.
Pertama, di bagian teks iklan Anda, pertimbangkan menyoroti promosi dan termasuk call to action.
Berikutnya, pilih gambar yang relevan dengan apa yang Anda tawarkan.
Selanjutnya, gunakan sebuah kalimat yang memberikan customer satu alasan lagi untuk mengklik iklan Anda.
Anda juga bisa menyertakan salah satu tombol call to action Facebook untuk mendorong orang-orang mendapatkan arah ke lokasi Anda, mengirimkan pesan atau mempelajari lebih lanjut tentang penawaran Anda pada halaman tertentu dari situs Anda.
Berikut ini adalah contoh iklannya.
Ingat Anda harus membuat iklan dalam setiap set campaign iklan Anda.
# 4: Skala Kampanye Anda untuk Beberapa Lokasi
Jika Anda memiliki lebih dari satu lokasi, Anda dapat dengan cepat dapat scale campaign local awareness ads untuk semua toko Anda.
Pertama, pilih campaign asli dan klik duplicate.
Campaign yang lengkap dapat ditingkatkan dengan mudah.
Berikutnya, ubah nama campaign yang telah disalin untuk mencocokkan nama lokasi tambahan.
Pilih kedua set iklan untuk lokasi terbaru dan mengubah lokasi penargetan untuk mencocokkan audience di lokasi tambahan.
Sesuaikan targeting Anda untuk setiap lokasi.
Sekarang Anda baik dapat memodifikasi iklan yang ada dari campaign asli atau membuat iklan baru.
Mengingat bagaimana Anda dapat mengatur lokasi target Anda di tingkat set iklan, masuk akal untuk membuat iklan khusus lokasi untuk menyesuaikan pengalaman pelanggan.
Ini adalah ide yang baik jika Anda memiliki gambar toko Anda dan mereka yang berbeda untuk setiap lokasi.
Kesimpulan
Anda dapat membuat campaign local awareness ads untuk satu atau beberapa lokasi dalam hitungan menit.
Setiap campaign dapat mendorong lebih banyak traffic dengan memberikan customer arah ke toko Anda, sehingga mudah bagi mereka untuk menghubungi Anda dan menawarkan pilihan untuk mengirimkan pesan pada Anda.
Apa yang Anda pikirkan? Apakah tertarik dengan salah satu strategi digital marketing ini? Silakan berbagi pengalaman Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.