Mindset

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Anda Memulai Bisnis Online!

Ketika melihat banyak orang sukses  memulai bisnis online, terkadang kita ingin mencoba peruntungan yang sama. Namun, banyak orang yang akhirnya mundur untuk mencobanya. Masalah yang sering terjadi ketika seseorang ingin memulai bisnis ini adalah, bagaimana nantinya saya akan menawarkan produk yang akan saya jual? Terlebih, saya merupakan seseorang yang gaptek  (gagap teknologi) dengan hal semacam ini. Pertanyaan sekaligus pernyataan tersebut selalu sering diajukan oleh orang-orang yang hendak memulai bisnis onlie. Intinya adalah satu, seseorang bisa karena terbiasa. Untuk itu, Anda harus membiasakan diri dengan menyimak informasi-informasi terkait dengan hal ini. Berikut adalah informasi untuk memulai bisnis online Anda.

Tips Mendapatkan Customer Setia untuk Bisnis online Anda

Mendapatkan traffic agar pengunjung toko online Anda meningkat adalah langkah pertama untuk memulai bisnis online Anda. Namun, Anda tidak hanya mengandalkan hal tersebut. Agar bisnis Anda berkembang, maka Anda harus mengonversi pengunjung toko online Anda menjadi pembeli, bahkan setia dengan selalu berbelanja ke toko online Anda. Untuk mewujudkannya, Anda harus membuat customer Anda puas dengan pelayanan Anda. Berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda:

  • Menawarkan beberapa cara bagi customer untuk berkomunikasi dengan Anda, termasuk melalui email, telepon, forum online, dan media sosial.
  • Menanggapi customer melalui email setidaknya dalam waktu empat hingga delapan jam. Sedangkan melalui media sosial, setidaknya Anda harus meresponsnya dalam dua hingga empat jam.
  • Mempermudah customer untuk berinteraksi dengan toko online Misalnya, dengan Anda aktif menulis review produk dan berkomentar pada blog komunitas online.
  • Terhubung dengan customer melalui situs media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Pinterest, dan Linkedln, serta mengajak pelanggan untuk berinteraksi dengan produk online
  • Menarik minat customer dengan memberikan diskon dan penawaran eksklusif bagi customer yang sering melakukan pembelian produk.
  • Memberikan pelanggan tips atau informasi lainnya melalui artikel yang bersifat inovatif. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi customer terkait dengan bagaimana menggunakan produk dan jasa Anda, sehingga dapat menghemat waktu dan membuatnya menjadi lebih produktif.
  • Memberikan beberapa pilihan kepada customer terkait dengan metode pembayaran. Hal ini demi membuat transaksi pembelian menjadi mudah.
  • Memberikan pengiriman gratis bagi customer yang masih satu kota dengan Anda.
  • Meminta saran kepada customer yang sudah melakukan pembelian melalui media sosial. Hal ini juga bisa Anda masukan sebagai testimoni customer apabila customer menanggapi produk dan pelayanan Anda dengan baik.
  • Menemukan cara-cara kreatif untuk berterima kasih kepada customer karena telah mengunjungi toko online

Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membuat Toko Online

Untuk memulai bisnis online ini, tentunya Anda harus mempunyai website yang nantinya Anda gunakan untuk menawarkan produk-produk online Anda. Membuat website untuk bisnis online tidak semudah kelihatannya. Anda harus mendesain sedemikian rupa website Anda untuk memberikan kesan yang mendalam kepada pengunjung. Sangat penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu pengunjung, sehingga mereka akan mencari tahu dan setidaknya mengetahui konten yang ada di website Anda. Agar hal itu terwujud, maka Anda harus memperhatikan hal ini sebelum membuat toko online:

Build Online Shop

  • Sebelumnya, petakan tata letak dan struktur (dummy) dari semua halaman website
  • Dummy yang sudah dibuat harus sama persis dengan halaman website yang telah dibuat.
  • Setiap halaman situs website seluruhnya bisa ditampilkan dan pastikan semuanya dapat diakses.
  • Setiap link seluruh situs dalam website tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  • Semua konten, baik itu grafis, foto, maupun video dapat terbuka dengan cepat dan mempunyai kualitas gambar yang tajam dan bersih.
  • Pastikan konten website tidak ada salah ejaan dan kesalahan tata bahasa.
  • Informasikan sejelas-jelasnya mengenai harga dan gambaran produk atau jasa dengan benar.
  • Jika dalam situs website terdapat menu yang mengharuskan agar pengunjung mengisi form pendaftaran, maka usahakan tidak terlalu rumit.
  • Tombol atau link untuk top-level pastikan bekerja dengan baik. Menu ini bertujuan agar pengunjung bisa kembali ke halaman ‘home’.
  • Jika terdapat gangguan atau maintenance, maka terdapat pemberitahuan khusus yang dijabarkan dengan pengodean bahasa (HTML atau PHP).
  • Pilihan layanan pembayaran dapat bekerja dengan baik.
  • Semua fungsi seperti e-commerce yang terkait dengan keranjang belanja, pilihan pengiriman, dan lain sebagainya bekerja dengan baik.
  • Berbagai logo atau ikon seperti Facebook, Linkedln, Pinterest, dan jaringan sosial lainnya ditempatkan pada posisi yang strategis. Hal ini agar memudahkan pengunjung untuk melihat dan mengaksesnya.
  • Situs telah diuji untuk kompatibilitas browser dan resolusi layar.
  • Situs dapat ditampilkan dengan baik dalam format mobile.
  • Informasi kontak menggunakan alamat email dan nomor telepon yang jelas dan mudah untuk diingat.
  • Privasi, pengiriman, pengembalian, dan kebijakan penggunaan lainnya menggunakan bahasa atau struktur yang mudah dimengerti, serta mudah diakses.

Memaksimalkan Penjualan Produk dengan Media Sosial

 Siapa yang pada jaman ini tidak menggunakan media sosial? Ya, kini media sosial seolah telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Hal itu merupakan peluang yang harus Anda manfaatkan untuk memulai bisnis online dan memperluas jaringan Anda. Dengan bantuan media sosial, Anda dapat dengan mudah dan biaya murah untuk mempromosikan produk Anda. Berikut adalah beberapa tips cepat untuk menggunakan beberapa situs media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Linkedln, Google +, dan Pinterest untuk membantu memaksimalkan penjualan produk Anda:

Gambar Daleman

Facebook

  • MFP SIPembuat halaman bisnis dengan Fanpage di Facebook. Dari situ, Anda bisa memosting penawaran khusus (setidaknya sekali sebulan).
  • Meminta customer untuk berbagi gambar-gambar di halaman Facebook menggunakan produk favorit mereka, dan menekankan bahwa mereka membeli melalui website
  • Mengurangi beban kerja dan memperluas usaha pemasaran Anda di Facebook. Memulai bisnis dengan memanfaatkan Facebook dapat memungkinkan customer dapat mengikuti pemberitahuan terbaru terkait dengan posting-an yang Anda lakukan.

 

Twitter

tWEET FIX

  • Gunakan Twitter untuk memberikan tweet yang menarik tentang bisnis atau produk Anda, dan memberinya link ke website
  • Mengirimkan tips singkat melalui tweet terkait dengan penggunaan jasa atau produk Anda.
  • Follow pelanggan dan vendor yang secara signifikan dapat berpengaruh baik pada bisnis Anda.
  • Memberikan penawaran promosi melalui Twitter merupakan cara murah untuk menyebarluaskan informasi dengan retweet.

 

Youtube

uTUB fIX

  • Membuat saluran YouTube untuk bisnis online Secara rutin, tambahkan video-video yang informatif dan menghibur. Kemudian, dorong customer agar mau untuk melihat dan berbagi video Anda dengan orang lain.
  • Membuat ajang kompetisi video: Meminta customer untuk membuat video dengan durasi pendek mengenai bagaimana cara menggunakan produk atau jasa Anda, dan mengirimkannya ke YouTube. Untuk pemenang, didasarkan pada video favorit hasil dari pilihan customer
  • Setiap minggu, posting video dengan durasi singkat (maksimal dua menit) yang menawarkan tips atau tutorial untuk customer Seperti tutorial tata cara menggunakan produk dengan baik.
  • Meminta customer untuk mengirimkan video testimonial dan posting video mereka di YoutTube saluran Anda.

Pinterest

pINTEREST fIX

  • Mengatur profil Pinterest untuk kebutuhan bisnis Anda dengan membuat satu atau lebih Pinterest board dengan tema atau produk Anda untuk kebutuhan bisnis.
  • Tambahkan tombol ‘Pin’ ini ke halaman situs website Anda, sehingga pengunjung website Anda mendapatkan pin, atau mengirim, gambar produk dari situs Anda ke Pinterest.
  • Ketika melakukan Pin gambar pada Pinterest board, selanjutnya tambahkan deskripsi teks pendek untuk memberikan informasi tambahan.
  • Pin video untuk board Namun, dengan memanfaatkan hal ini pada Pinterset kurang dimanfaatkan, karena akan banyak konten dan pin muncul secara bersamaan.

 

Google +

gOOGLE+ SIP

  • Dalam profil pribadi Google+, buat lingkaran untuk customer, vendor, dan orang lain agar tertarik dengan merek Anda.
  • Posting konten yang menarik untuk pelanggan Anda, sehingga mereka akan terdorong untuk berkomentar dan memberi masukan. Konten ini bisa Anda ambil dari Blog Anda, berupa artikel, review produk, atau informasi mengenai penawaran promosi khusus, atau hal-hal lainnya yang bida menarik pengunjung untuk membaca.
  • Mulai menggunakan fitur ‘Hangout’. Gunakan Hangout On Air, multi user chat, dan video, serta menu-menu lainnya di Google +. Hal ini utnuk membuat video pendek yang dapat dilihat dalam real-time atau disimpan pada kanal YouTube Anda. Sebagai contoh, diskusikan sebuah produk baru atau layanan, dengan chatting dengan customer, yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai
  • Memulai profil Google+ untuk bisnis Anda. Mulai lah dengan menggunakan Google+ dengan isu-isu yang masih berhubungan dengan bisnis Anda. Dengan sering memosting informasi terkait isu-isu yang banyak terjadi di masyarakat, hal tersebut akan menambah pengikut Anda di Google +.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk memulai bisnis online? Dengan informasi di atas, Anda akan mampu merintis bisnis online tanpa mengeluarkan banyak modal, namun memiliki omzet yang besar.

Write A Comment