Menurut Anda, apakah fungsi sebuah judul atau headline pada posting sebuah artikel di website?
Apakah:
A.) Mendapatkan orang untuk klik?
B.) Menjanjikan sebuah konten yang bagus?
C.) Merangsang rasa ingin tahu?
D.) Semuanya benar?
Ya jelas, jawabannya adalah D. Tapi pertanyaan yang sebenarnya adalah, bagaimana kita mendapatkan informasi utama untuk melakukan semua itu?
Nah, jawaban singkat adalah terus belajar, berlatih dan riset.
Tetapi jika Anda ingin mengetahui beberapa rahasia, berikut ini DigitalMarketer.id akan membocorkannya .
Headline yang paling efektif adalah pengulangan versi surat kabar dan iklan majalah klasik pada hari-hari awal copywriting.
Dengan kata lain, sebagian besar dari yang paling menghasilkan traffic, yang paling banyak retweet, artikel yang paling banyak di share, adalah menggunakan template judul yang diwariskan melalui berbagai generasi copywriter.
Berikut adalah tiga jenis headline yang paling efektif dari waktu ke waktu.
Anda bisa mempelajarinya, menggunakannya, me-recycle dan memperbarui headline tersebut untuk Anda gunakan sendiri.
How to headline
“How to” yang bisa diartikan dengan “cara” atau “bagaimana”. Berikut ini contohnya:
- Cara Paling Mudah Mencari Konten Viral Dan Target Pasar Anda Di Facebook!
- Bagaimana Cara Mendesain Gambar Facebook Ad Selayaknya Profesional?
- Cara Meningkatkan Visibilitas Facebook Ads
Ada Jutaan artikel dengan judul “Cara… dan “Bagaimana …” yang ada, tapi itu tidak pernah cukup.
Ketika menulis headline seperti di atas, pembaca seperti mendambakan atau menginginkan sebuah instruksi, apakah mereka menyadarinya atau tidak.
Jenis headline tersebut juga bisa menggugah rasa ingin tahu pembaca karena bisa kesempatan bagi pembaca untuk mempelajari sesuatu dalam lima menit atau bisa kurang.
Hal tersebut seperti sebuah pendidikan gratis dan pembaca bisa dengan mudah untuk mendapatkan kesempatan tersebut melalui artikel Anda.
Trik dengan headline jenis ini adalah untuk menjanjikan konten yang jelas dan hal tersebut sangat .
Tips bonus: Tambahkan kata-kata yang powerful ke headline artikel Anda untuk membuat pengunjung berpikir dua kali agar tidak melewatkan artikel Anda.
Jika Anda ingin membuat headline yang sangat ampuh menarik pembaca, Anda juga bisa mempelajari teknik copywriting.
Dengan mempelajari copywriting untuk pembuatan headline, maka Anda akan dengan mudah mengusai seni membujuk melalui tulisan. Hal tersebut lah yang nantinya berguna untuk meningkatkan profit bisnis Anda >> Kuasai copywriting, penawaran Anda jadi sulit untuk ditolak
Be afraid headline
Be afraid headline adalah headline yang dapat memotivasi pembaca dari sebuah ketakutan. Berikut contohnya:
- Biasa Menghabiskan Waktu di Ruangan Ber-AC? Waspada, Flu Mengintai Anda!
- Awas, Ada Bahan Berbahaya dalam Makanan Anda!
- Sering Mimisan, Benarkah Pertanda Sakit Keras?
Headline tersebut seperti menakut-nakuti, tetapi pembaca pada akhirnya juga mengklik artikel tersebut.
Ini dikarenakan bahwa pembaca ingin tahu mereka aman atau tidak dari topik yang sedang dibahas dari artikel tersebut.
Mereka juga bisa mengantisipasi jika hal yang tidak diinginkan terjadi pada mereka setelah membaca artikel tersebut.
Ketika sesuatu memicu rasa bahaya, bahkan hanya sebentar, Anda bisa membayangkan skenario terburuk dan merasa wajib untuk mempelajari atau membaca artikel tersebut lebih lanjut.
Lebih baik terasa aman daripada menyesal setelah semuanya terjadi.
Calm down headline
Calm Down headline adalah headline yang ibaratnya memberi pelampung pada orang yang jatuh di laut. Berikut contohnya:
- Membongkar Rahasia Sukses Mendapatkan Downline Melimpah Tanpa Derita Untuk Agent Mlm
- 6 Kontes Facebook Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Hanya Dalam 5 Menit
- Strategi Agresif Meraih Ratusan Subscriber Dengan Sekejap
Tidak peduli apakah mahasiswa atau pekerja profesional, kita selalu berpikir bahwa kita tidak akan cukup dalam mekerjakan seseuatu dan ada sesuatu yang salah dalam tindakan kita.
Tujuan dari calm down headline adalah untuk memberitahu pembaca bahwa semuanya akan baik-baik saja, everything is OK.
Artikel tersebut membantu pembaca agar membuat hidupnya atau pekerjaannya menjadi lebih mudah, produktif dan lebih efisien.
Setiap kali Anda membantu seseorang untuk menyederhanakan kehidupan mereka, mereka akan mengingat Anda sekali dan untuk selamanya.
Jangan berhenti, terus lakukan perbaikan
Ada lebih banyak jenis-jenis headline di luar sana.
Tetapi,ketiga jenis headline adalah awal yang bagus untuk meraih perhatian lebih untuk blog atau website Anda.
Perhatikan artikel yang mendapatkan paling banyak social share pada media sosial atau yang paling banyak mendapatkan backlink. Perhatikan pola artikelnya yang menghasilkan konsistensi, kemudian tulis artikel atau posting blog Anda.
Ingat, Anda harus tetap melakukan perbaikan setiap Anda menulis artikel berikutnya. Anda tidak harus menulisnya langsung menjadi sempurna.
Dengan headline atau judul yang mengena pada pembaca, Anda bisa mendapatkan traffic yang lebih baik untuk blog atau website Anda.
(Note: Ingin membuat headline yang dapat menarik banyak pembaca? Setelah menerapkan apa yang ada pada ebook ini, Anda bisa menulis headline yang menarik dan membuat konten penawaran yang tidak sulit ditolak oleh pembaca. Sehingga, dapat berpengaruh besar pada profit bisnis Anda ==> Klik di sini)